Bahaya! Pasien Reinfeksi Covid-19 Sakit Lebih Parah

Seorang pria berusia 25 tahun dari Nevada mengalami reinfeksi virus corona dan lebih parah dari sebelumnya. (Photo by STR / AFP)

AS-Pojokredaksi.com-Seorang pria berusia 25 tahun dari Nevada mengalami reinfeksi virus corona dan lebih parah dari sebelumnya. Ini adalah kasus pertama reinfeksi atau infeksi ulang virus corona di AS dan kasus reinfeksi kelima yang dikonfirmasi di seluruh dunia.

“Infeksi kedua secara gejala lebih parah daripada yang pertama,” penulis penelitian yang dimuat di The Lancet dikutip dari NPR.

Reinfeksi pada pasien Nevada terjadi sekitar enam minggu, menurut sebuah studi kasus yang diterbitkan Senin di jurnal medis The Lancet. Pasien awalnya dinyatakan positif terkena virus pada bulan April dan memiliki gejala termasuk batuk dan mual. Dia pulih dan dites negatif untuk virus pada Mei lalu.

Tetapi pada akhir Mei, dia pergi ke pusat perawatan darurat dengan gejala termasuk demam, batuk, dan pusing. Pada awal Juni, dia dinyatakan positif lagi dan berakhir di rumah sakit.

Ini adalah kasus reinfeksi virus corona kedua yang dikonfirmasi di mana pasien menjadi lebih sakit untuk kedua kalinya. Seorang pasien di Ekuador juga menderita kasus COVID-19 yang lebih serius saat kedua kalinya mereka terinfeksi virus.

Ilmuwan tidak yakin mengapa ini mungkin terjadi. Secara teori, sistem kekebalan tubuh harus membuat antibodi setelah infeksi pertama yang membantunya memerangi virus dengan lebih efektif jika orang tersebut terpapar virus yang sama lagi.

Kasus-kasus tersebut menggarisbawahi pentingnya menjaga jarak sosial dan mengenakan masker bahkan jika Anda sebelumnya terinfeksi virus, dan kasus tersebut menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana sistem kekebalan manusia bereaksi terhadap virus.

Baca Juga :  Komunitas Famosco Gandeng Babinsa Koramil 05 Bomberay Baksos Bersihkan TPU

“Ada banyak alasan mengapa seseorang menjadi lebih sakit untuk kedua kalinya,” jelas Akiko Iwasaki, seorang profesor imunobiologi di Universitas Yale yang tidak terlibat dalam penelitian di Nevada. Misalnya, “mereka mungkin telah terpapar virus pada tingkat yang jauh lebih tinggi untuk kedua kalinya,” katanya, atau tanggapan kekebalan dari infeksi pertama mungkin membuat mereka lebih sakit.

Tapi, dia menekankan, “ini semua sangat spekulatif” karena para ilmuwan masih memiliki sedikit informasi tentang mekanisme yang berperan.

Salah satu pertanyaan terbesar yang belum terjawab adalah seberapa luas kemungkinan terjadinya infeksi ulang. Sulit untuk memastikan kasus di mana seseorang terinfeksi dua kali. Ilmuwan harus memiliki usapan hidung dari infeksi pertama dan kedua untuk membandingkan genom dari kedua sampel virus.

Danny Altmann, seorang profesor imunologi di Imperial College London, mengatakan bahwa sekitar 90 persen orang yang pernah mengalami “infeksi gejala yang jelas” memiliki antibodi untuk melawan infeksi lain, “mungkin selama sekitar satu tahun.”

“Tentu saja, itu menyisakan 10 persen yang tidak memiliki cukup antibodi untuk melawan infeksi kedua, tulisnya dalam email ke NPR.

“Virus ini memiliki risiko yang persis sama dengan siapa pun di luar sana, sehingga sejumlah kecil infeksi ulang tetapi signifikan.”

Para penulis studi baru juga meningkatkan kemungkinan bahwa kasus orang yang terinfeksi beberapa kali dapat berimplikasi pada kemanjuran vaksin virus corona, karena beberapa orang yang terpapar virus mungkin tidak meningkatkan respons kekebalan yang cukup untuk melindungi diri dari infeksi kedua.

(Wiliam M)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *