Ini Alasan Sandiaga Uno Berpaling ke PPP dan Tinggalkan Prabowo Subianto

Jakarta,POJOKREDAKSI.COM – Sandiaga Salahudin Uno berpotensi meraih kursi tiket cawapres lebih besar jika ia bergabung ke PPP dibandingkan masih tetap bertahan di Gerindra. Hal tersebut merupakan prediksi ahli tata negara dan pengamat politik Refly Harun.

“Sandiaga Salahudin Uno ini sedang berusaha memanjangkan asas sebagai calon presiden atau calon wakil presiden,” jelas Refly yang dilansir dari youtube channelnya, Jumat (30/12/22).

Menurut Refly, Sandiaga yang sudah berlaga di Pilpres 2019 lalu dan mungkin juga ingin bertarung kembali di 2024 tidak ada cara lain kecuali melakukan manuver.

Diketahui keputusan Gerindra tidak bisa diganggu gugat lagi dan hanya akan mencalonkan Prabowo Subianto.

Peluang manuver Sandiaga yaitu adalah pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Karena kita tahu PPP adalah anggota dari KIB atau Koalisi Indonesia Bersatu ya bersama Golkar dan PAN,” tegas dia.

“Dan sampai sekarang KIB ini ini kan masih abu-abu siapa yang akan ditunjuk sebagai calon presiden dan calon wakil presiden,” lanjutnya.

Refly menambahkan ada dugaan istana menginginkan duet Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Uno di satu sisi, lalu duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir di sisi lainnya.

“Nah itulah kira-kira endorsement istana, tetapi kita tahu bahwa untuk memajukan Ganjar itu selalu maju mundur karena belum jelas sikap Megawati Soekarnoputri,” ungkap Refly.

“Meskipun, belakangan sepertinya Airlangga Hartarto justru tertarik juga untuk maju sebagai calon presiden. Walaupun pada awalnya barangkali KIB tidak dimaksudkan untuk menjadi kendaraan Airlangga tetapi sekedar bargaining dengan pihak istana,” tambahnya.

Baca Juga :  Fraksi PKS Soroti Tunjangan Kinerja Pegawai yang Belum Optimal

Artinya istana sudah mendapatkan kereta dari Airlangga seandainya Ganjar tidak dicalonkan oleh PDIP.

Namun jika Airlangga jadi mencalonkan diri, Sandiaga yang mewakili PPP masih punya peluang mendampinginya sebagai calon wakil presiden.

Norben Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *