Dokter Zuhro Turut Serta Giat Posyandu Lansia yang Dilaksanakan Aisyah Krembangan

dokter zuhro

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Majelis Kesehatan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Krembangan Surabaya menyelenggarakan kegiatan Posyandu Lansia dengan tema “Tetap Sehat dan Bugar diusia Senja” yang diikuti sekitar 80 peserta.

Berbagai kegiatan seperti senam sehat bersama lansia juga pemeriksaan kesehatan secara gratis dilaksanakan di halaman Masjid At-Taqwa Bangunsari Surabaya pada hari Ahad tanggal 12 Februari 2023.

Anggota Komisi B DPRD kota Surabaya dokter Zuhrotul Mar’ah Lailatusholichah lebih dikenal dokter Zuhro sangat mengapresiasi kegiatan tersebut menjelaskan, tujuan posyandu lansia adalah sebagai wadah para lansia maupun pra-lansia lebih mengoptimalkan kesehatan dan kebermamfaatan untuk mengisi waktunya agar sehat fisik mental spiritualnya.

“Posyandu lansia selain ada kegiatan pemeriksaan fisik berupa tensi, TB, dan BB, juga ada pemeriksaan gula darah, asam urat serta kolesterol untuk deteksi dini penyakit-penyakit tersebut, selain itu juga ada edukasi kesehatan dengan tema yang bervariatif disetiap pertemuannya,” terangnya.

Lanjut dokter Zuhro, selain itu juga senam lansia yang lebih mengarah ke senam, seperti senam diabetes.

“Mudah-mudahan kedepannya, posyandu lansia juga membantu lansia untuk kesejahteraan dan pendidikan lansia terutama baca tulis Al-Qur’an bagi lansia yg belum bisa baca tulis Al-Qur’an. Kita buat TPQ untuk lansia,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Krembangan Surabaya Hj. Ummu Khasanah menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung para lansia peduli terhadap kesehatan dan tetap produktif, terlebih saat ini proporsi penduduk lanjut usia semakin banyak membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Surabaya Gelar Muscab IX : Ketua MPW Minta Kader Wajib Kaji Ulang Sistem Bernegara

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia, kegiatan ini merupakan sarana silaturahmi dan mengoptimalkan fungsi fisik agar lansia senantiasa hidup sehat jauh dari penyakit. Selain itu, kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, gula darah, asam urat dan kolesterol,” terangnya.

Ummu Khasanah berharap, dengan diadakannya posyandu lansia dapat meningkatkan derajat kesehatan dengan cara pola hidup sehat misalnya mengatur pola makan.

“Makanan yang dikonsumsi juga tidak harus mahal, serta jangan lupa istirahat yang cukup, olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Jadi, walaupun usia senja tetap bisa menikmati hidup dengan bahagia,” tutupnya.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *