BEM FKIP Uncen Papua Gelar Seminar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Tahun 2023

universitas cenderawasih

Jayapura, POJOKREDAKSI.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih Jayapura Papua, menggelar pelatihan menulis karya ilmiah dengan menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium FKIP Uncen Abepura Jayapura Papua pada hari Sabtu (17/06/2023).

Dalam kegiatan ini, hadir Pimpinan Mahasiswa BEM FKIP, DPM FKIP, ke empat HMJ serta seluruh mahasiswa dari 14 program studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih.

Narasumber yang pertama Dr. Alfred Anton S.Hut,. M. Si menghadirkan topik materi “Niat Menulis Ilmiah”.

Sementara Narasumber kedua, Edward Krisson Raunsay, S.Pd,. M. Si menyajikan materi “Penulis Akademik Berbabasis Gaya Menulis”.

Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih menindaklanjuti program kerja bersama mahasiswa dalam mengadakan pelatihan ini.

Maksud dan tujuan pelatihan ini agar mahasiswa dapat memahami langka-langkah penulisan karya ilmiah, sehingga mahasiswa bisa menulis dan menghasilkan sebuah tulisan yang bermutu.

“Sistem penulisan karya ilmiah memiliki tiga bagian yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Di bagian pendahuluan itu seorang mahasiswa mempuyai kemanpuan untuk menulis masalah yang akan diteliti, merumuskan tujuan penyelesaian masalah, sasaran dan manfaatnya”, kata Alfred Anton.

Sementara untuk bagian isi, berkaitan dengan data yang akan dikumpulkan setelah data tersebut akan dibahas, dijelaskan, diuraikan dan menghasilkan sebuah tulisan.

Dan untuk bagian penutup sebuah karya ilmiah, dituliskan tujuan penelitian sudah dapat dicapai kemudian dipublikasikan secara luas kepada masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Samosir Bantu Anak SD Penderita Kanker Mata

Alfred Anton juga meminta kepada mahasiswa untuk lebih banyak membaca penelitian dari para ilmuwan setiap hari.

Selain itu, Alfred juga meminta untuk membaca Alkitab, modul bahan ajar mahasiswa, buku cetakan, koran, berita, informasi yang berkaitan dengan perkembangan hari ini, itu harus dibaca sehingga dengan membaca akan meningkatkan kemampuan dan kapasitas seorang mahasiswa sehingga akan berdampak pada gaya menulis karena dia memiliki banyak kosa kata.

“Saya optimis, dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa FKIP Uncendapat membuktikan bahwa mereka mampu berpikir untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di Papua,” katanya.

Penulis : Lambertus Magai
(Mahasiswa FKIP Uncen Jayapura Papua)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *