Relokasi Tahap 3 Selesai, Kampung 1001 Malam Tinggal Kenangan

kampung 1001 malam

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Setelah relokasi tahap 3 selesai Pemerintah Kota Surabaya melakukan pembongkaran puluhan rumah yang berada bantaran sungai Morokrembangan dan pinggiran tol arah Dupak – Perak, yang ada di Kampung 1001 Malam Surabaya, Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya. Senin, (26 Juni 2023).

Terlihat puing-puing bangunan rumah yang dirobohkan oleh puluhan petugas dari Satpol PP Kota Surabaya dengan mengunakan alat berat excavator.

Ahmadi warga eks penghuni Kampung 1001 Malam mengatakan, ia bersama warga yang lain turut menyaksikan pembongkaran rumah yang selama ia huni 25 tahun rata dengan tanah.

“Sedih sekali mas, melihat rumah saya yang saya bangun mulai dari nol harus dirobohkan, namun harus bagaimana lagi saya dan warga harus ikhlas,” Kata Ahmadi, Senin (26/6/2023).

Ia menjelaskan, jika seluruh warga sebanyak 108 KK pada relokasi tahap 3, banyak yang ada di rusunawa Pakal – Benowo. Pemkot Surabaya tak hanya merelokasi saja, namun Pemkot juga memberikan fasilitas dan pekerjaan untuk warga yang belum bekerja.

“Ada 54 KK yang ada di rusun Pakal, yang lain ada di rusunawa Babat jerawat 14 KK, Pesapen 5 KK, Indrapura 7 KK, Romokalisari 2 KK, dan yang tak mau rusun dapat uang kompensasi untuk pulang ke desa, serta modal usaha dan rombong,” Jelas Ahmadi.

kampung 1001 malam

Lanjut Ahmadi, ia dan beberapa warga yang turut melihat pembongkaran rumah, ikut membantu para petugas menyisihkan barang -barang yang mungkin bisa dimanfaatkan atau di jual.

Baca Juga :  Dukung Pelaksanaan Pemilu 2024, Margasiswa PMKRI Surabaya dijadikan TPS

“Asbes dan kayu yang masih bagus saya jual, lumayan bisa buat beli rokok dan jajan untuk anak-anak, pungkas Ahmadi.

Diketahui jika dalam proses relokasi di Kampung 1001 Malam, berjalan sampai 3 tahap, untuk tahap 1 dan 2 warga direlokasi ke rusunawa Sumur welut pada Bulan Oktober 2022.

(Sigit Santoso)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *