Viral Pedagang Minta Shopee dan Lazada Ditutup Pasca Penutupan Tiktok Shop

pasar tanah abang

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Pasca penutupan tiktok shop oleh pemerintah, kini pedagang meminta Shopee dan Lazada juga mesti ditutup. Permintaan ini terjadi di sebuah pusat perbelanjaan tradisional

Sebelumnya, viralnya video “jeritan” pedagang Tanah Abang yang meminta TikTok Shop ditutup. Permintaan ini telah dikabulkan oleh pemerintah. Per 4 Oktober 2023 lalu, TikTok Shop tak bisa lagi digunakan untuk belanja. Kini, pedagang kecil dan UMKM yang selama ini memanfaatkan TikTok Shop untuk berjualan hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai media promosi saja.

Penutupan ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan pelaku usaha dan UMKM. Sebab tidak menampik fakta bahwa banyak pula UMKM yang berhasil maju pesat setelah memanfaatkan TikTok Shop. Setelah pemerintah menutup fitur belanja di aplikasi besutan perusahaan Tiongkok tersebut, kini pedagang disebut meminta hal baru.

Kini viral di media sosial jeritan pedagang yang meminta agar Lazada dan Shopee dihapus seperti TikTok Shop. Menurut mereka, adanya e-commerce membuat pedagang barang jadi yang berjualan di pasar-pasar mengalami penurunan omset dan pendapatan.

“Tolong hapuskan Tiktok Shop, Lazada, Shopee. Tolong kami pak,” kutip poster yang ada di video tersebut.

“Kembalikan Tanah Abang yang dulu pak,” kutip poster lainnya.

Video ini melahirkan banyak reaksi di antara netizen. Sebab bagaimanapun, budaya belanja di dunia sudah beralih dari konvensional ke online.

Mengutip data dari NielsenIQ, jumlah masyarakat yang menggunakan e-commerce mencapai 32 juta orang pada 2021. Jumlahnya melesat 88 persen dibandingkan 2020 yang hanya 17 juta orang.

Baca Juga :  Sempat Viral, Penjual Sabu di Titi Panjang Negeri Lama Diringkus Satres Narkoba Labuhanbatu

Data ini tentu menjelaskan bahwa pergeseran budaya (dari tradisional ke online) memang tidak dapat dibendung. Yang bisa dilakukan adalah melakukan pembatasan-pembatasan yang kiranya merugikan satu pihak dan pihak lainnya.

(Norben Syukur)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *