Bupati Samosir Vandiko Gultom Bersama Anggota DPRD Kunjungi Korban Banjir Bandang di Pengungsian, Desa Rianiate

vandiko gultom

Samosir, POJOKREDAKSI.COM – Pasca banjir bandang di Kenegerian Sihotang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom langsung menuju pengungsian warga di Desa Rianiate. Senin, (13/11/2023).

Bupati Samosir mengunjungi pengungsi di Gereja Katolik Pintubatu, dan dua titik disekitaran pelabuhan. Membagikan makanan kepada para pengungsi, serta menjamin ketersediaan makanan dan minuman, Bupati Samosir langsung mendirikan dapur umum. Selain itu juga disediakan fasilitas kesehatan, dokter dan ambulance untuk evakuasi warga apabila ada yang sakit.

Saat menyapa para pengungsi, Bupati Samosir bersama anggota DPRD Sumut, Tangkas M. Lumban Tobing dan DPRD Samosir, Saurtua Silalahi menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti himbauan pemerintah.

“Keluarga maupun masyarakat yang tidak mengungsi untuk mengikuti anjuran pemerintah, mengungsi sementara waktu menghindari banjir susulan. Kita utamakan keselamatan amang inang (red: bapak ibu), kami hadir untuk membantu melakukan evakuasi,” kata Vandiko.

Banjir Bandang di Kenegerian Sihotang melanda 4 desa yaitu Siparmahan, Sappur Toba, Dolok Raja dan Hariara Pohan.

Untuk memastikan keadaan warga yang memilih bertahan dilokasi banjir, Bupati Samosir bersama rombongan menaiki Kapal Penyeberangan terjun langsung ke lokasi dan ditemui masih banyak warga yang bertahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir menemui langsung warga dan menyerahkan makanan serta memberikan arahan agar tetap berhati-hati dan waspada.

Hingga Selasa (14 November 2023) sekira pukul 02.30 wib, Bupati Samosir bersama Forkopimda masih melakukan pemantauan dan mengunjungi rumah penduduk, menghimbau jika ada kendala sebaiknya tinggal sementara di pengungsian yang disediakan Pemkab Samosir.

Baca Juga :  Tagar ACT #AksiCepatTilep Menghangat. Netizen Ingin Segera Diusut

Sementara itu, Anggota DPRD Samosir, Saurtua Silalahi mengharapkan agar Pemkab Samosir segera melakukan penanganan dan, bantuan terhadap para pengungsi.

“DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Samosir hadir ditengah masyarakat untuk membantu, sebagai bukti kepedulian,” kata Saurtua.

(Steven S)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *