Suasana Ibadah Kamis Putih di Gereja Katolik Aek Kanopan Berlangsung Khidmat

kamis putih katolik

Labura, POJOKREDAKSI.COM – Gereja Katolik St. Pius X Aek Kanopan mengadakan misa atau ibadah Kamis Putih, yang dihadiri para jemaat dan dipimpin oleh Pastor Menrad Rumapea, OFMCap.

Suasana Ibadah Kamis Putih berjalan dengan khidmat dan jemaat yang hadir dominan berpakaian berwarna putih, juga ada ritual Pembasuhan Kaki 12 Rasul, di Gereja Katolik St. Pius X Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Kamis, (28/3/2024).

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Kristen mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus. Hari ini adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja.

Secara umum Kamis Putih merupakan sebuah istilah yang merujuk pada kehadiran hari Kamis sebelum Jumat Agung. Atau dapat disebut  Hari Kamis Putih adalah hari bagi umat Kristiani untuk menyadari bahwa Yesus dikhianati dan kemudian disalib keesokan harinya.

Artinya, Hari Kamis Putih adalah peringatan untuk mengenang peristiwa perjamuan terakhir Yesus bersama murid-murid-Nya sebelum Dia ditangkap dan disalibkan. Pada peristiwa tersebut Yesus membasuh kaki murid-Nya sebagai simbol hamba yang melayani.

Perayaan Kamis Putih ditandai dengan pembasuhan kaki sebagai simbol ajaran untuk melayani. Yesus memberi contoh tentang bagaimana seseorang yang berada di atas bukanlah pihak yang harus dilayani, justru sebaliknya ia yang harus melayani.

Selain itu, pembasuhan ini terdapat nilai-nilai yang dapat diteladani seperti melayani, rendah hati, berdoa , mengasihi, serta menyadarkan diri bahwa nafsu dunia akan membawa kepada maut.

Baca Juga :  Pengesahan R-APBD Menjadi APBD 2023, Anggota DPRD Fraksi PDI-P Lakukan Aksi Walk Out

Dalam kotbahnya Pastor Menrad menegaskan beberapa hal, terutama tentang melayani dan menjadi panggilan dalam gereja.

“Jangan tanyakan apa yang gereja sudah berikan padamu, tapi apa yang sudah saya berikan untuk Gereja.” Ucap Pastor.

(Red/J)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *