Handojo Budhisedjati Menyabet Penghargan Singaraja Sakti Award

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati mendapat anugerah Singaraja Sakti Award 2020. Handojo dinilai sebagai salah satu tokoh yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nilai-nilai kebangsaan dan perdamaian dunia.

Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Pengelingsir Puri Agung Singaraja (Puri Gde Buleleng) di Singaraja, Bali Utara, Anak Agung Ngurah Ugrasena, Minggu (13/12/2020). AAN Ugrasena menjelaskan anugerah tersebut diberikan kepada tokoh dengan latar belakang masing-masing.

“Kami akan menganugerahkan Singaraja Sakti Award 2020 kepada tokoh-tokoh masyarakat yang telah terbukti konsisten dan memiliki jejak rekam sebagai tokoh yang menjaga kebhinnekaan dalam berbangsa dan bernegara. Baik sebagai pimpinan lembaga lintas agama, politisi, birokrat, pengusaha dan para profesional,” kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan Singaraja Sakti Award 2020 tetap dijalankan mesti di tengah pandemi corona atau Covid-19. Meskipun demikian tiap peserta dan panitia yang terlibat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada.

“Jumlah undangan dibatasi mengikuti aturan protokol kesehatan. Selain itu setiap tokoh dari luar Bali yang datang wajib menyerahkan minimal hasil rapid test,” bebernya.

Ia menambahkan dengan terselenggaranya Singaraja Sakti Award 2020 mau memberi pesan bahwa Bali sudah siap menerima kunjungan wisata domestik. Kegiatan inipun bukan hanya kegiatan budaya atau wisata melainkan sebagai komitmen sesama anak bangsa yang berpegang teguh pada toleransi dan kebersamaan.

“Bagaimana kita menjaga nilai-nilai kebangsaan dan saling menghormati diantara banyak perbedaan. Melalui budaya merawat keberagaman,” kata dia.

Baca Juga :  Sumbangan Penting Dokumen Abu Dhabi dalam Merawat Toleransi di Indonesia

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan rasa hormat yang tinggi kepada para tokoh yang akan hadir pada Singaraja Sakti Award 200 meski di masa pandemi. “Para undangan terhormat dan beberapa Raja di Bali sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir pada Minggu, 13 Desember 2020.”

Sementara itu Roy Agusta, Perwakilan Panitia untuk Jakarta menyebutkan selain Yohanes Handojo Budhisedjati, SH, terdapat beberapa nama tokoh lain yang akan diberikan penghargaan pada Singaraja Sakti Award 2020 ini yakni Prof. Dr. Hoga Saragih (Universitas Bakrie), Sugeng Teguh Santoso, SH. (Yayasan Satu Keadilan), Sandec Sahetapy (Sandek Media Group).

Yohanes Handojo Budhisedjati dikenal sebagai pengusaha dan tokoh pergerakan buruh yang mendirikan Vox Populi Institute. “Ia adalah tokoh mengedepankan nilai-nilai nasionalisme dan sangat menghormati perbedaan pendapat dalam bingkai kebebasan berekspresi,” jelasnya.

Selain itu Hoga Saragih sebagai Guru Besar di bidang Teknologi Terbarukan dikenal karena menghadirkan formula baru dalam perilaku dan komunikasi membawa kiprah dirinya di pentas nasional dengan mengedepankan aspek budaya dan semangat cinta tanah air.

Sugeng Teguh Santoso akhir-akhir ini sering terpampang di media-media nasional karena didaulat sebagai salah satu pengacara musisi Jerinx. Tapi selalu berpeci, sosok Sugeng Teguh Santoso yang akrab disebut dengan STS ini dikenal sebagai pembela kaum marjinal.

“Jejak rekamnya membela kelompok-kelompok minoritas yang tertindas menjadi menjadi pembicaraan di masyarakat yang terpinggirkan,” kata dia.

Begitupun sosok Sandec Sahetapy, selain dikenal sebagai tokoh penggerak budaya mancanegara, ia juga disebut sebagai kerabat Puri Singaraja. Kepeduliannya terhadap aset budaya dan keraton-keraton menjadi catatan tersendiri dalam perjalalanannya mendukung kegiatan-kegiatan seni dan budaya tidak hanya di Indonesia. Ia juga tercatat sering memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke mancanegara.

Baca Juga :  Tournament Bergilir Piala Ketua PAC. PP Air Batu Berakhir, Ditandai Penyerahan Hadiah Plus Thropy

kegiatan kali ini kata dia tidak dilangsungkan di Puri Singaraja (Puri Gde Buleleng), tetapi Singaraja Sakti Award 2020 akan digelar di Ubud, Bali. Panitia sepakat memilih The Mansion Resort and Spa di Ubud.

“Ini salah satu hotel terbaik di Bali yang terletak di Ubud. Selain memberikan harga khusus di masa pandemi, bagi yang menginap akan merasakan berada di lingkungan asri dan layak sebagai representasi Bali untuk level hotel internasional,” tutupnya.

Abet Theresia

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *