Ad Widget

Selama 5 Tahun Jokowi Bangun 18 Bendungan di Seluruh Tanah Air

Ad Widget

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Presiden Jokowi memiliki perhatian lebih terhadap petani dengan membangun 18 bendungan di seluruh tanah air selama 5 tahun. Menurut Jokowi kebutuhan air begitu tinggi untuk mengisi sektor pertanian dimana merupakan yang terbesar di Indonesia.

“Indonesia adalah negeri dengan sawah dan ladang membentang di setiap pulaunya, yang puluhan juta rakyatnya hidup dari pertanian,” kata Jokowi dikutip dari akun facebook @Jokowi, Selasa (29/12).

Ia membeberkan selama di bawah pemerintahannya sangat memperhatikan kehidupan para petani. “Untuk merekalah, pemerintah fokus membangun infrastruktur, terutama bendungan dan irigasi.”

Lebih lanjut Jokowi membeberkan sepanjang 2015-2020, pemerintah telah membangun 18 bendungan baru di seluruh Tanah Air. Adapun bendungan tersebut mulai dari Bendungan Rajui dan Payaseunara di Aceh, Titab di Bali, Bajulmati dan Nipah di Jawa Timur, Raknamo dan Rotiklot di NTT, dan lain-lain sampai Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan.

Selain 18 bendungan tersebut Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menargetkan puluhan bendungan akan diselesaikan di masa mendatang. Jokowi optimis untuk melanjutkan proyek bendungan yang akan tuntas hingga akhir jabatannya.

“Pembangunan bendungan akan terus kita lanjutkan. Pemerintah menargetkan sebanyak 61 bendungan baru di seluruh Indonesia akan tuntas secara bertahap hingga 2024,” kata Jokowi.

Pembangunan bendungan tersebut jelas Jokowi merupakan upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat di bidang pangan.

“Pembangunan infrastruktur bendungan dan saluran irigasi adalah ikhtiar kita untuk menjadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan,” tutup Jokowi.

Willy Matrona

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *