Ad Widget

Laksanakan Pencanangan Vaksinasi Covid-19, Bupati Beserta Forkopimda Jalani Tahap Registrasi Dan Verifikasi

Ad Widget

Asahan, POJOKREDAKSI.COM – Bupati Asahan, H. Surya Bsc, Ketua DPRD, Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Ketua Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri Kisaran, Pj.Sekdakab Asahan dan beberapa OPD, tokoh Agama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Elfina br.Tarigan, MKT, Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten, Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si, menghadiri kegiatan pencanangan pelaksanaan Vaksin Covid-19 Sinovac bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (10/02/21).

Di awal sambutannya, Bupati Asahan menegaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini, selain bertujuan untuk meningkatkan imunitas juga mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan memotivasi seluruh lapisan masyarakat.

“Vaksinasi covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat(herd imunity) serta melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” tegas Bupati.

Alur pelaksanaan vaksinasi pada hari ini dimulai dari tahap registrasi dan verifikasi, setelah itu tim medis akan mengidentifikasi kesehatan calon penerima vaksin apakah memiliki penyakit penyerta lalu mengukur suhu tubuh dan tekanan darahnya. Kemudian hasil tersebut akan diinput ke aplikasi online primary care BPJS kesehatan, apakah bisa direkomendasikan untuk menerima vaksin, ditunda, atau malah tidak direkomendasikan sama sekali. Setelah divaksin, penerima akan diobservasi selama 30 menit untuk melihat kondisi kesehatan dan menunggu sertifikat yang menyatakan telah menerima vaksinasi selesai dicetak.

Untuk diketahui, vaksinasi di kabupaten Asahan ada 2 tahap, yaitu tahap pertama, dan dilanjutkan 14 hari kemudian kepada penerima vaksin untuk menerima vaksin tahap kedua pada 14 hari mendatang.

Diketahui sebelumnya pada Senin, 8 Februari 2021 kemarin, pemberian vaksin Covid-19 hari pertama telah dilaksanakan terhadap Tenaga Kesehatan(nakes) di Kabupaten Asahan dan sudah berjalan lancar, aman serta sukses.

(Hendra Piliang)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *