Ad Widget

Warga DKI Berharap Pembagian BST Tepat Sasar

Ad Widget

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Meski hujan mengguyur, tidak menyurut semangat warga RW 04, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat untuk menerima pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST), Selasa (16/2/2021). Pembagian BST tersebut berlangsung di Sekretariat RW setempat.

Salah seorang warga mengungkapkan BST yang diterimanya merupakan berasal dari pemerintah Pusat. Bantuan tersebut kata dia disalurkan melalui Kantor Pos.

“Kali ini saya sudah menerima bantuan yang kedua. Sebelumnya juga dapat dan jumlahnya sama Rp. 300 ribu,” kata Widi.

Menurut Widi pembagian BST yang kedua ini berbeda dengan yang terjadi sebelumnya. “Kalau sebelumnya kita terima dari kantor pos dari rumah-ke rumah tapi hari ini kami terima di Sekretariat RW,” bebernya.

Warga lainnya, Rahmat (67) mengungkapkan pemerintah mesti mengkaji lagi pembagian BST kepada masyarakat. Hal itu kata dia agar BST berlangsung sesuai rencana dan tepat sasar.

“Begini kadang-kadang yang saya lihat ya, yang pada punya mobil juga dapat, kalau menurut saya sih gak pas,” kata Rahmat saat diwawancarai usai pembagian BST tersebut berlangsung.

Rahmat menilai pembagian BST mesti menyasar warga yang benar-benar membutuhkan. Semua warga kata dia memang berhadapan dengan pandemi Covid-19 akan tetapi mesti didahulukan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Seharusnyakan yang benar-benar dapat adalah yang membutuhkan. Emang semua si mengalami covid-19 tapi dahulukan yang benar-benar membutuhkan. Apalagi masyarakat yang bawa, (ini) yang punya rumah bagus juga dapat. Saya sih bukan iri,” jelas Rahmat.

Ia berharap agar kedepannya BST baik dai pemerintah Pusat maupun daerah agar diperbaiki dan tepat sasar.

“Harapannya ke depan harus diperbaiki lagi ya. Yang benar-benar dapat itu yang mana gitu lho. Ini kan bantuan presiden. Ada dari Pemprov,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Pojokredaksi.com dalam pembagian sembako tersebut, warga kurang memperhatikan jaga jarak (Social Distancing). Selain itu tidak adanya protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer.

Diketahui Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dasar.

BST disalurkan melalui 2 cara yakni Bantuan bersumber dari dana APBN dimana bantuan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Sementara itu, bantuan bersumber dari dana APBD DKI Jakarta disalurkan melalui rekening Bank DKI sebesar Rp300.000/bulan. Penyaluran dilakukan selama 4 bulan, sejak Januari hingga April 2021. Disalurkan dalam bentuk Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank.

Wily Matrona

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *