Ad Widget

Grup Angklung Indonesia Getarkan Gereja di Kota Tampa Florida

Ad Widget

Florida, POJOKREDAKSI.COM – Grup musik tradisional, Angklung Indonesia tampil pada perayaan Misa Paskah 2021 di St. Timothy Catholic Church yang terletak di kota kecil Lutz, suburbannya kota Tampa, Florida, AS. Acara ini diselenggarakan oleh Keluarga Katolik Indonesia (KKI) Tampa, Florida, 10 April 2021.

Misa dipimpin Romo Vincent Suparman, SCJ. Romo Vincent, demikian beliau dipanggil oleh umat Katolik Indonesia di Tampa, berasal dari Lampung. Semasa pelayanannya sebagai gembala umat Katolik, ia telah menjelajahi berbagai pelosok Tanah Air. Bahkan sampai ke pedalaman Papua. Ia juga telah memberikan pelayanan ke berbagai kota lainnya di AS. Kini, dirinya bertugas di kota St. Petersburg, Florida.

Dalam homilinya, Romo Vincent mengatakan peristiwa Kebangkitan Kristus merupakan peristiwa pembaruan hidup. Karena kita punya masa lampau untuk direfleksikan kembali dan diberi makna yang baru. Ia juga mengingatkan sekaligus menguatkan umat Katolik Indonesia di wilayah Florida.

“Tidak jadi soal kalau kadang-kadang kita merasa lemah, lunglai dan tidak berdaya. Tapi jangan pernah mengandalkan kekuatan manusia itu sendiri. Tapi mari kita dengan Kebangkitan-Nya, mengandalkan segala jerih payah kita itu hanya kepada Allah. Karena Allah yang akan menyelesaikannya,” kata Romo Vincent.

Sementara Ketua Umum KKI Tampa periode 2020-2023, Sylvia Immanuel mengatakan salah satu tujuan ditampilnya grup musik Angklung Indonesia untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia.

“Siapa lagi yang bisa memperkenalkan dan mewariskan seni dan budaya Indonesia, seperti angklung, di negeri Paman Sam ini kalau bukan kita sendiri, diaspora Indonesia di Florida,” ujar Sylvia.

“then sings my soul, my Savior God to Thee. How great Thou art, how great Thou art”. Alunan merdu suara Gisela ‘Sela’ Immanuel, penyanyi remaja yang masih duduk di bangku SMA dari group Angklung Indonesia, mengakhiri “Misa Paskah 2021”

Selain membawakan lagu penutup “How Great Thou Art”, Angklung Indonesia juga membawakan lagu “Bawalah Persembahan”. Sebuah perpaduan unik antara musik berirama keroncong dan suara dentingan angklung Sunda. Dibawakan dengan harmoni oleh para pemain angklung yang datang dari berbagai kota di Florida.

Gemuruh tepuk tangan di tengah-tengah misa yang sedang berlangsung menunjukkan kekaguman umat Katolik Indonesia di Tampa. Sekaligus juga luapan kerinduan mereka karena bisa untuk pertama kalinya mendengar suara angklung bergaung di dalam gereja Katolik St Timothy.

Tanpa mereka sadari, sebuah sejarah telah tergores dengan indahnya di dalam Gereja Katolik St. Timothy bahwa suara bambu yang saling beradu secara harmonis tidak mengurangi kekudusan Rumah Ibadah itu sendiri.

Angklung Indonesia merupakan sebuah organisasi nirlaba yang sudah terdaftar resmi di negara bagian Florida sejak tanggal 13 September 2019 yang lalu. Tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan angklung di seluruh pelosok Florida dan juga di kota-kota besar lainnya di Amerika Serikat.

Albert Syukur
(Laporan: Dharma Datubara, Co-Founder/Executive Director ANGKLUNG INDONESIA, Inc.)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *