Ad Widget

Bupati Asahan Resmi Buka Musrenbang RPJMD 2021-2026

Ad Widget

Asahan, POJOKREDAKSI.COM – Bupati Asahan, H. Surya, BSc membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Asahan, tahun 2021-2026 yang bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (02/06/2021).

Turut hadir dalm kegiatan tersebut, Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Wakapolres Asahan, Mewakili Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kajari Asahan, Mewakili Danyon 126/KC, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Perekonominan dan Pembangunan, asiaten Administrasi Umum, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, BUMN, BUMD, OKP serta tamu undangan lainnya.

Pada pelaksanaan Musrenbang ini, Kepala Bappeda Kabupaten Asahan, Drs. H. Zainal Aripin Sinaga, MH melaporkan, bahwa tujuan dari pelaksanaan Musrenbang rancangan RPJMD ini adalah dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2021-2026.

Beliau juga melaporkan, hasil pelaksanaan Musrenbang rancangan RPJMD ini nanti akan dijadikan sebagai bahan penyempurnaan rancangan akhir RPJMD dan selanjutnya akan disampaikan kepada DPRD Kabupaten Asahan bersama Ranperda RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2021-2026, untuk dilakukan pembahasan serta kesepakatan bersama antara Pemerintah serta DPRD Kabupaten Asahan.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si dalam sambutannya yang disampaikan secara Virtual mengatakan, forum Musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis, dimana seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan lima tahunan, sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RPJMD tahun 2021-2026 yang telah disusun Pemerintah Kabupaten Asahan.

Selain itu beliau juga mengatakan, dalam rangka pencapaian prioritas pembangunan nasional, maka prioritas pembangunan Daerah disemua tingkatan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional tersebut sesuai dengan kewenangan. Berbagai prioritas pembangunan, mari kita integrasikan dalam konteks kewilayahan dengan rencana tata ruang, baik di tingkat nasional, provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup.

Mengakhiri sambutannya beliau mengatakan, berdasarkan prioritas pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara, maka dalam upaya pencapaian target pembangunan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, kami meminta agar Pemerintah Kabupaten Asahan dapat mempedomani dan menselaraskan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan serta program pembangunan Kabupaten Asahan dengan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan juga program pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Sementara Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengatakan dalam rangka memanajemen setiap program kegiatan diperlukan strategi dengan menyusun cara, langkah atau tahapan untuk mencapai tujuan. Karena pengelolaan pembangunan Daerah memerlukan adanya manajemen strategis yang menetapkan tujuan Pemerintah Daerah serta pengembangan kebijakan dan perencanaan, untuk mencapai visi juga misi Kepala Daerah melalui pemberdayaan setiap potensi sumber daya yang ada. Sebagai upaya untuk mencapai tujuan serta sasaran Pemerintah Daerah, strategi akan dijabarkan dalam arah kebijakan merupakan program prioritas dalam pencapaian Pembangunan Daerah.

Program prioritas dalam pencapaian pembangunan daerah tersebut ada 10 antara lain digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang covid-19.

Selanjutnya beliau mengatakan sebagai salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah 5 tahunan, perumusan strategi akan mengimplementasikan bagaimana sasaran pembangunan akan dicapai dengan serangkaian arah kebijakan dari pemangku kepentingan. Untuk itu saya minta perhatian kita bersama untuk hal-hal sebagai berikut, Pertama; Kepala OPD agar memperhatikan kesesuaian visi, misi tujuan dan sasaran dalam RPJMD, karena konsistensi penjabaran visi, misi kedalam tujuan juga sasaran menentukan efektifitas Pembangunan Daerah, Kedua; Indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD dan tim pendamping berupa matriks cascading atau penjabaran juga penyelarasan visi, misi, tujuan sasaran indikator tujuan serta indikator sasaran RPJMD agar dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah, Ketiga; Memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas.

Adapun bagian Keempat; Seluruh OPD agar komitmen dalam proses perencanaan dengan mengacu pada RPJPD, RPJMD, RENSTRA OPD, RKPD dan RENJA OPD, agar tercipta dokumen perencanaan yang selaras juga berkualitas, Kelima; Terkait dengan penyusunan RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2021-2026, agar Kepala OPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaannya, sehingga program yang disusun OPD benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Kepala Daerah dengan indikator kinerja yang terukur, Keenam; Seluruh peserta musrenbang RPJMD ini diharapkan mampu berkontribusi dan memberikan input serta dirumuskan dalam berita acara kesepakatan hasil musrenbang RPJMD Kabupaten Asahan, tahun 2021-2026 yang ditandatangani oleh setiap unsur yang mewakiki pemangku kepentingan sebagai dasar dalam proses penyempurnaan rancangan RPJMD menjadi rancangan akhir RPJMD.

Beliau juga menghimbau seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Asahan agar mengikuti acara ini dengan seksama dan penuh keseriusan, sehingga dari musrenbang ini mendapatkan masukan berharga dalam penyempurnaan penyusunan dokumen RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2021-2026 yang pada akhirnya terwujudnya dokumen perencanaan yang berkualitas, mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat yang kemudian dapat diimplementasikan guna menuju masyarakat Asahan sejahtera yang religius serta berkarakter.

(Hendra Piliang)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *