Polsek Tambelang Mulai Gelar Vaksin Tahap Dua

Bekasi, POJOKREDAKSI.COM – Polsek Tambelang, Polresta Metro Bekasi mulai menjalankan kegiatan vaksi tahap dua kepada masyarakat. Target vaksin kedua pada hari pertama ini adalah lansia,tenaga pendidik dan pelayan publik yang lain.

“Kegiatan vaksin kedua yang dimulai hari ini target utamanya adalah para lansia, guru dan pelayan publik yang lain,” jelas Kapolsek Tambelang, AKP. Miken Fendriyati,SH,MH kepada media ini, Kamis (1/7/2021).

Lebih lanjut Miken menjelaskan ketiga kelompok ini menjadi prioritas. Tentu saja karena usia lansia sangat rentan dengan virus Corona ini dan para guru serta pelayan publik lain dipertimbangkan karena banyak kegiatan mereka yang akan berhadapan langsung dengan orang banyak.

“ Lansia pertimbangan umur. Sementara guru dan pelayan publik pertimbangan rutinitas mereka yang banyak bersentuhan langsung dengan orang banyak,” kata Miken.

Walau demikian kata Miken, kegiatan vaksin tahap dua ini akan mencakup semua warga. Hanya saja perlu menunggu waktu

“ Semua pasti kebagian, seperti intruksi Bapak Kapolres KBP. Hendra Gunawan, S.I.K, M.Si, semua warga harus divaksi, itu sudah menjadi kebijakan negara, “ tegas Miken.

“Pelaksanaan Operasi Kemanusiaan Dalam Rangka Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri Polsek Tambelang Polres Metro Bekasi ini berlangsung berkat kerja sama Polsek Tambelang dan Puskesmas Sukawangi ,” tambah Miken.

Kegiatan yang berlangsung di Kapung Karang Getak Rt 002/005 Desa Sukawangi, Kecamatan Sukawangi diikuti oleh Kanit Intelkam Ipda Timu Solihin, Kanit Reskrim Ipda Haryono, Kades Sukawangi bapak Sekam Asmawi, Ketua Tim Vaksin Puskesmas Sukawangi dr. Melto, Kapolsubsektor Aiptu Sapan, Bhabinkamtibmas Bripka Nana , Bhabinkamtibmas Bripka Budi, Babinsa Sertu Haris, Intelkam Bripka Denis dan 10 orang Tenaga Nakes Puskesmas Sukawangi.

Baca Juga :  Polsek Tambelang Gelar Kegiatan Gerai 97 Berupa Vaksinasi Bagi Masyarakat Umum Kecamatan Sukawangi

Adapun kegiatan yang berlangsung dengan Prokes ketat ini menargetkan vaksin 63 orang. Sampai berita ini diturunkan, jumlah warga yang sudah tervaksin 38 orang sesuai dengan jumlah yang tercatat pada buku daftar hadir.

Selain berjalan dengan Prokes ketat, petugas juga selalu memberi arah kepada masyarak untuk selalu mematuhi prokes 5 M bahkan prokes 10 M yang baru saja ditetapkan oleh Polsek Tambelang.

Berikut Protokol Kesehatan 10 M yang diterbitkan berdasarkan Komite PPI-PRA Rumah Sakit Cipto Mangunkuusumo (RSCM) Jakarta, dan mulai berlaku di wilayah hukum Polsek Tambelang- Polres Metro Bekasi.

1. Melakukan kebersihan tangan
Cuci tangan 6 langkah dan sesuai indikasi 5 momen selama 20-30 detik dengan hand sanitizer. Bisa juga menggunakan air mengalir dan sabun selama 40-60 detik.

2. Menggunaan masker
Pastikan masker menutup mulut, hidung, dan dagu. Pastikan tidak ada celah.Lalu, ganti masker bedah setiap 4-6 jam atau segera jika kotor/basah. Tidak menyentuh bagian depan masker atau wajah.

3. Menjaga Jarak
Mejaga Jarak minimal 1-2 meter.

4. Menghindari Kerumunan
Hindari kerumunann saat makan, minum, terutama di kamar ganti, ruang makan, kafe, dan lain sebagainya.

5. Mengurangi Mobilitas
Mobilitas atau bepergian hanya dalam kondisi darurat atau keperluan mendesak.

6. Menjaga sirkulasi
Buka jendela minimal 3 kali sehari atau menghidupkan exhaust fan jika ada.

7. Melakukan pembersihan lingkungan
Gunakan pembersih ruangan dengan kandungan isoprofil alkohol 70% atau Clorine 500 ppm (1 liter air ditambahkan 10 cc Clorine).

8. Meningkatkan daya tahan tubuh
Makan makanan bergizi dan istirahat teratur. Selain itu, tidur cukup 5-7 jam per hari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Mengganti Baju
Bagi tenaga kerja, baju scrub atau baju kerja segera diganti selesai dinas atau saat meninggalkan rumah sakit. Bagi masyarakat umum, selalu ganti baju setelah keluar rumah.
Tidak lupa untuk membersihkan alas kaki, penutup kepala (topi atau jilbab), kacamata, jam tangan, atau asesoris lain yang menempel pada tubuh dan digunakan saat keluar rumah.

Baca Juga :  BIN Dukung Akselerasi Vaksinasi di Labuhanbatu Utara

10. Meningkatkan Imun
Hati yang bersih selalu bersyukur dan hati gembira.

Norben Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *