Perubahan Iklim dan Akselerasi Transisi Energi

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Setidaknya dalam dua pekan ini, dua menteri dalam kabinet Presiden Jokowi telah memberikan narasi pentingnya percepatan transisi energi sebagai langkah mitigasi perubahan iklim. Pertama, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyatakan perubahan iklim adalah global disaster yang dampak buruknya bisa sama seperti pandemi Covid-19. Kedua, Menteri BUMN, Erick Tohir, meminta PLN fokus di sektor ekonomi hijau dengan mengkonversi PLTU menjadi pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Meski dalam konteks yang berbeda, namun narasi kedua menteri itu mengkonfirmasi bahwa laju pemanasan global sebagai dampak perubahan iklim harus dimitigasi. Salah satu strateginya dengan melakukan transisi energi guna menurunkan penggunaan energi berbasis bahan bakar fosil digantikan EBT yang rendah karbon dan ramah lingkungan. Transisi energi memiliki tujuan akhir untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor energi.

Mengapa kita perlu percepatan transisi energi. Dari data yang disampaikan Dirjend EBTKE Kementerian ESDM, tahun 2020 porsi bauran EBT baru mencapai 11,51%. Jika merujuk PP No 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN), bauran energi primer pada 2025 terdiri dari batubara (30%), energi terbarukan (23%), minyak bumi (25%), dan gas bumi (22%). Artinya, pemanfaatan energi fosil masih dominan sehingga diperlukan target pencapaian bauran energi lebih maksimal.

Sebagai negara yang memiliki hampir semua potensi energi terbarukan, seperti energi bayu, laut, hidro, surya, panas bumi, dan bioenergi, Indonesia dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk meningkatkan ketahanan energi dan mitigasi perubahan ikilm. Menurut Kementerian ESDM, total potensi energi terbarukan Indonesia mencapai 417,8 GW. Namun yang dimanfaatkan baru 2,5% atau sekitar 10,4 GW.

Baca Juga :  PKS Desak PLN Selesaikan Ketimpangan di Tengah Surplus Listrik

Problem konsumsi energi fosil yang masih tinggi tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di tingkat global. Meski selama pandemi terjadi semacam “moratorium” sektor transportasi dan industri akibat pembatasan, namun hal itu tidak berpengaruh pada tumpukan gas rumah kaca di atmosfer. Itulah yang menjadi kekhawatiran terkait situasi pasca pandemi yang akan meningkatkan kembali jumlah emisi karbon.

Seperti dilaporkan International Energy Agency (IEA), Global Energy Review 2021, emisi CO2 terkait energi global tahun ini diproyeksikan tumbuh sebesar 4,8% karena permintaan batu bara, minyak, dan gas seiring pemulihan ekonomi. Dengan ini terjadi peningkatan lebih dari 1.500 Mt CO2 dan menjadi terbesar sejak pemulihan ekonomi dari krisis keuangan global lebih satu dekade lalu. Kenaikan ini diprediksi akan melonjak drastis pada 2023 jika negara-negara di dunia gagal menerapkan kebijakan pro iklim.

Kajian IEA sudah cukup menjadi peringatan bagi dunia, baik negara maju maupun negara berkembang segera melakukan transisi energi. Negara berkembang akan terkena imbas krisis iklim lebih awal dibandingkan negara maju. Fenomena ini disebabkan sebagian besar industri dari negara maju telah direlokasi di negara berkembang dengan minimnya mitigasi lingkungan.

Dalam perencanaan pemulihan pasca pandemi, pemerintah Indonesia telah melanjutkan upaya mewujudkan ekonomi hijau dan rendah karbon. Dukungan instrumen fiskal dan pendanaan global diperlukan dalam pengurangan emisi karbon. Menurut Menkeu Sri Mulyani, dibutuhkan Rp 3.779 triliun sampai 2030. Sementara APBN hanya bisa memenuhi 26% dari total anggaran tersebut (Bisnis.com, 4/8/2021).

Transisi menuju ekonomi rendah karbon perlu didukung dana global, mengingat pengurangan emisi memerlukan biaya besar. Dibutuhkan pencarian potensi sumber lain, salah satunya adalah Green Climate Fund (GCF), entitas global pendanaan perubahan iklim di bawah PBB, yakni UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change). Melalui supervisi BKF (Badan Kebijakan Fiskal) Kemenkeu, GCF sudah menyalurkan dana sejumlah 212,9 juta dollar AS sampai akhir 2020.

Baca Juga :  Besok PLN Aek Nabara Laksanakan Perawatan Jaringan, 14 Titik Wilayah Akan Dipadamkan

GCF mendukung pendanaan tiga proyek mitigasi perubahan iklim, masing-masing dua proyek mendukung pengembangan EBT, sedang satu proyek lagi di sektor kehutanan. Ketiga proyek dimaksud, Geothermal Resource Risk Mitigation Project (GREM), Climate Investor One (CIO), dan Indonesia REDD+. Jumlah dana hibah GCF tersebut bisa memberi gambaran, soal besaran dana dalam investasi tranisisi energi.

Dalam posisi BKF sebagai pemegang mandat supervisi dana CGF, dengan demikian ada beberapa lembaga yang mengelola, atau menjadi regulator transisi energi. Secara kelembagaan, publik sudah familier dengan lembaga lain yang selama ini dikenal sebagai pemangku kepentingan transisi energi, seperti DEN (Dewan Energi Nasional), Kementerian ESDM, Kementerian LHK dan Bappenas.

Strategi transisi energi tidak bisa lepas dari peran sektor lain, dalam hal ini swasta dan masyarakat. Banyak aspek dalam sektor energi yang tidak hanya bertumpu pada kebijakan pemerintah, tapi juga melibatkan masyarakat selaku pengguna. Akselerasi transisi energi dapat dilakukan dengan menetapkan skema pendanaan berkelanjutan, utamanya aspek investasi, sebagai pendorong penguatan kemampuan teknologi dan kapasitas dalam negeri.

Oleh karena itu, diperlukan instrumen fiskal untuk mendukung komitmen pemerintah terkait perubahan iklim. Untuk transformasi Indonesia menuju ekonomi hijau, transisi energi adalah program sangat strategis, yang selain membutuhkan investasi besar, juga sinergi antar lembaga. Pada fase ini kita kembali diingatkan, investasi energi hijau bukan soal Indonesia hari ini, namun bagaimana kebijakan itu akan berdampak positif bagi generasi mendatang.

EKO SULISTY
Komisaris PT. PLN (Persero).
omena

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *