Beredar Kabar Vaksin Booster Covid 19 Menyebabkan HIV

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Sedang beredar kabar di media sosial, mengenai vaksin booster Covid 19 dapat memunculkan human immunodeficiency virus (HIV).

Nama virolog Prancis Luc Montagnier dipakai alias dicatut dalam unggahan yang tersebar di Facebook dan Twitter pada Maret 2022 itu.

Luc Montagnier dikenal sebagai penerima Nobel Kedokteran pada 2008 atas perannya menemukan HIV, virus penyebab penyakit acquired immune deficiency syndrome (AIDS).

“Bagi Anda yang telah mengambil dosis ketiga, pergi dan lakukan tes AIDS. Hasilnya mungkin mengejutkan Anda. Kemudian tuntut pemerintah Anda,” demikian isi pesan yang beredar di beberapa unggahan media sosial tersebut.

Seorang Dokter dan peneliti yang berbasis di Cardiff Inggris, Bnar Talabani, yang fokus menangani vaksin COVID-19 telah membantah narasi soal vaksin booster penyebab HIV.

Bnar Talabani menyebutkan informasi itu tidak masuk akal, lantaran vaksin yang mengandung HIV sudah pasti tidak akan diloloskan pada tahap pengujian.

“Vaksin, termasuk vaksin COVID-19 tidak dapat menyebabkan AIDS/HIV atau membuat kita lebih rentan tertular virus ini atau virus lainnya,” kata Talabani dilansir dari Reuters.

Ahli Imunologi Institut Pendidikan dan Penelitian Sains India Pune Vineeta Bal mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan Virolog Montaignier, yang telah meninggal pada 8 Februari 2022, membuat klaim seperti yang beredar. 

Vineeta Bal juga mengatakan vaksin COVID-19 penguat sama sekali tidak meningkatkan kerentanan terhadap infeksi HIV.

Sulaiman

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Polsek Tambelang Gelar Vaksinasi Merdeka Lanjutan Bersama Urkes Polrestro Bekasi dan Pemerintahan Kecamatan Tambelang

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *