Tomohon International Flower Festival 2022; Sumbangan Tomohon untuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tomohon International Flower Festival 2022/Dok. ist

Pojokredaksi.com, Tomohon – Opening Ceremony Tomohon International Flower Festival 2022 (TIFF 2022) sukses digelar (8/8). Kegiatan TIFF ini akan berlangsung sejak tanggal 8 sampai 12 Agustus 2022.

Mengusung tema: Tomohon Greets The World, kegiatan ini menjadi salah satu dari Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di tahun 2022 ini.

Pada sambutannya, Dr. H. Sandiaga S. Uno, BBA., MBA sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengungkapkan apresiasi bagi pemerintah Kota Tomohon atas komitmen melangsungkan TIFF 2022 di tengah pemulihan karena pandemi Covid 19.

Tomohon International Flower Festival 2022/Dok. ist

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pada tahun 2045 Indonesia diproyeksi akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia. “Era itu adalah Indonesia Emas dengan bonus demografi sebesar 70% populasinya berusia produktif,” ujarnya.

Menurutnya, kaum muda mempunyai peran penting untuk mencapainya. Kaum muda mempunyai peran nyata sebagai penggerak ekonomi kreatif. Event TIFF 2022 ini memberi ruang bagi kaum muda untuk berinovasi dan berkreasi. Juga, event ini dapat menebar semangat untuk menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia berharap, event ini akan memberi dampak sosial, ekonomi, dan budaya bagi masyarakat Sulawesi Utara secara umum dan bagi Kota Tomohon secara berkelanjutan.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE yang hadir dan membuka TIFF 2022/Dok. Pribadi

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE yang hadir dan membuka TIFF 2022 ini mengungkapkan rasa bangga terhadap Pemerintah Kota Tomohon yang secara kreatif sudah merancang kegiatan ini. Gubernur mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang positif pada tahun 2022 ini tidak bisa dilepaskan dari peran masyarakat petani, termasuk petani-petani dari Tomohon, juga para petani bunga. Karena itu menurutnya, kegiatan seperti ini perlu didorong terus agar dapat dikembangkan.

Baca Juga :  Sarjoko Lolos jadi Calon Kepala Desa, Masyarakat Simangalam Tersenyum

Event ini dirancang dengan tujuan untuk menggerakkan ekonomi kreatif sekaligus untuk menggeliatkan industri pariwisata di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon. Walikota Tomohon, Carrol Senduk, SH. merasa bersyukur karena bisa melangsungkan TIFF 2022 ini. Sejak pertama kali digelar pada tahun 2008, event tahunan ini sempat tidak dilaksanakan pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid 19.

Walikota mengungkapkan, “Dengan melibatkan potensi lokal Kota Tomohon, yaitu produsen bunga, dekorator, dan juga stakeholder lainnya, event ini mempuyai multiplier effect. Kegiatan ini berhasil mempengaruhi sektor pariwisata pada umumnya termasuk hotel, dan objek wisata lainnya di Kota Tomohon maupun Sulawesi Utara pada umumnya.”

 Tournament of Flower dan Flower Fashion Carnavals yang digelar sesudah acara pembuka berhasil memukau ribuan penonton. Terpantau banyak sekali wisatawan domestik maupun asing yang hadir dan menyaksikan semaraknya TIFF 2022 ini. Kegiatan TIFF ini akan terus berlangsung dengan agenda Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo sampai pada tanggal 12 Agustus nanti. (NR)

Laporan: Novie Rompis (Manado)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *