Akibat Selang Bocor Alat Pengangkut Kontainer (Reach Stacker) Di Depo Spil Terbakar Habis

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – satu Alat berat pengangkat kontainer (reach stacker) terbakar di Depo kontainer di Jalan Tanjung Batu No 4 Perak Barat, Krembangan, Surabaya, pada Jumat siang pukul 14.15 WIB.

Rachmat Firman Asisten Manajer Operasional PT SPIL mengatakan, kebakaran Reach Stacker atau alat berat yang digunakan untuk mengangkut kontainer yang terbakar habis di Depo SPIL berawal dari kebocoran selang BBM.

“Berasal dari kebocoran solar. Solar itu ada selangnya, nah itu bocor nggak ada yang tahu. Api muncul karena selang yang bocor dekat pengapian di busi. Saat (operator) mau posisi ambil kontainer, gasnya pasti dibesarkan akhirnya keluar api terlalu besar, selang keluar apinya nggak ada yang tahu,” Kata Rahmat, Jum’at (26/8/2022).

Akibat terbakarnya Reach Stacker atau alat pengangkat kontainer membuat api membumbung dan membakar sebuah kontainer.

“Operator dalam kondisi selamat, namun lebih dari 1 kontainer yang terdampak akibat kebakaran,”jelas Rahmat.

Lanjut Rahmat,kebakaran terjadi saat operator hendak mengambil peti kemas dari atas, api kemudian menjalar dan membakar alat berat sekaligus kontainer 20 feet yang kosong, api juga berimbas ke dua kontainer 40 feet muat snack dan tanpa muatan yang berada di dekatnya.

“Untuk pengawasan alat kita nggak pernah terlalu detail, karena selagi masih jalan walaupun sudah tua ya masih jalan,” imbuhnya.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 14.45 WIB oleh petugas gabungan yang berada di lokasi.

Sementara untuk kerugian kontainer, ia tidak bisa menafsirkan karena muatan peti kemas hanya diketahui oleh Bea Cukai beserta pemilik barang dan pihak ekspedisi.

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT Ke 78 RW08 / RT08 Gelar Karnaval Datangkan Reog Ponorogo

“Isinya kita nggak tahu karena dari luar negeri. Kita akan lapor Bea Cukai, nanti ada bagian pelacaknya untuk mengetahui di dalamnya isi apa,” pungkas Rachmat.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *