Launching Program UHC, Walikota Cilegon Helldy Agustian : Masyarakat Berobat Cukup Pakai E-KTP

Cilegon, POJOKREDAKSI.COM – Pemerintah Kota Cilegon berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta. Program UHC yang digadang-gadang dalam berobat gratis cukup dengan e-KTP yang dideklarasikan melalui acara Launching UHC di aula Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Rabu (26/10/2022).

Kota Cilegon menjadi kabupaten dan kota pertama di wilayah Banten di luar Tangerang Raya,yang telah mencapai UHC dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten Kalimantan Barat dan Lampung, Lisa Nurena mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Cilegon yang mencapai UHC.

“Capaian Pemkot Cilegon, melalui UHC dengan capaian prosentase sebesar 441 ribu lebih dari total penduduk 455 ribu,” kata Lisa Nuraeni.

Ia menuturkan, dengan capaian UHC di Kota Cilegon yang besar, maka setiap warga memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.

“Ini baik dalam pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif maupun pelayanan promotif dan preventif yang efektif. Dan sekaligus wujud nyata Pemerintah Kota Cilegon dalam menjamin kesehatan warganya,”ujarnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengaku bersyukur dengan Kota Cilegon yang mendapat predikat UHC. Sehingga masyarakat Kota Cilegon untuk berobat bisa menggunakan e-KTP dirumah sakit mana saja yang melayani pasien BPJS Kesehatan.

“Alhamdulillah per 1 Oktober 2022, Kota Cilegon sudah mencapai UHC. Ini adalah kebanggaan yang luar biasa bagi seluruh tim. Dan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan terjangkau,” tutur Helldy Agustian.

Baca Juga :  Pimpin Upacara HKN, Bupati Asahan Berikan Penghargaan

Ia berharap, keberhasilan program UHC yang mencapai target, agar segera disosialisasikan melalui Camat menjelaskan ke Lurah juga RT dan RW.

“Sehingga masyarakat bisa tahu bahwa ada program untuk kesehatan. Ini kerja keras Pemkot Cilegon dan seluruh tim yang bekerjasama untuk masayarakat Kota Cilegon,”ucapnya.

Pada kegiatan tersebut diberikan juga penghargaan bagi 14 Badan Usaha yang melakukan Donasi JKN melalui CSR perusahaan untuk membantu masyarakat tidak mampu untuk membantu program UHC tersebut.

(HKS)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *