Ketum Pemuda Katolik Ajak Kader Berdonasi untuk para Korban Banjir dan Longsor di Humbahas

pemuda katolik

Humbahas, POJOKREDAKSI.COM – Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma mengintruksikan agar Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sumatera Utara mengkoordinir penggalangan dionasi bantuan untuk para korban banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hal ini disampaikannya saat turun melihat kondisi banjir dan memberi penguatan kepada para korban. “Kita akan menggalang donasi bantuan untuk para korban bencana banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemuda Katolik ingin berbela rasa dalam aksi kemanusiaan bagi korban,” ujar Gusma pada Rabu, (6/12/2023).

Mendengar berita bencana banjir ini, Gusma bersama Dirjen Bimas Katolik, Suparman para Direktur Bimas Katolik serta Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap meninjau lokasi kejadian. Hadir juga kesempatan itu, Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Medan (KAM), Pastor Mikael Manurung, OFM Cap serta Vikaris Episcokal Doloksanggul, Pastor Ambrosius Nainggolan, OFM. Cap serta Pastor Paroki Doloksanggul, Pastor Mansuetus, SVD serta Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi KAM, Pastor Stefanus Sitohang, OFM Cap.

Dihadapan para keluarga korban bencana banjir dan para pengungsi, Gusma menyampaikan dukacita yang mendalam. Ia berharap para korban yang hilang segera ditemukan dan keluarga yang ditinggalkan mendapat penghiburan.

Ia melanjutkan, Pemuda Katolik akan terus berkomitmen untuk membantu sebisa mungkin para korban dan mengajak seluruh kader Pemuda Katolik khususnya di Sumatera Utara untuk turun lapangan membersihkan material longsor. Ia juga mengajak seluruh kader Pemuda Katolik di 32 Komisariat Daerah untuk ambil bagian dalam donasi ini.

pemuda katolik

“Kita akan membuka donasi bagi para korban lewat Pemuda Katolik Komda Sumatera Utara. Bila ada yang ingin berdonasi bisa ke Bank BRI Unit Tanjung Anom dengan Nomor Rekening 7325-01-014910-53-5, atas nama Pemuda Katolik Komda Sumut. Harapannya semakin banyak orang dibantu lewat donasi ini,” jelas Gusma

Baca Juga :  Dirgahayu Pemuda Pancasila ke 62, PAC Bilah Hulu Gelar Syukuran Secara Sederhana

Ketua Pemuda Katolik Komda Sumatera Utara, Parulian Silalahi menambahkan siap mengagendakan donasi bantuan bagi para korban. Ia dan segenap jajaran pengurus Pemuda Katolik Komda Sumatera Utara akan bekerja keras untuk membantu proses donasi bantuan kepada para korban.

Dalam kunjungan kali ini, Menteri Agama menyerahkan bantuan dana lewat Dirjen Bimas Katolik untuk para korban melalui Pastor Paroki Doloksanggul sebesar 200 juta.

uskup agung medan
Keuskupan Agung Medan dan Pemuda Katolik Buka Bantuan Donasi untuk Korban Banjir dan Longsor di Humbahas

Disebutkan, banjir bandang dan longsor yang melanda Desa Simangulampe, Baktiraja, terjadi Jumat (1 Desember 2023), malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Hingga hari ini, dilaporkan ada 12 orang yang hilang dan dua orang warga telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. sementara untuk kerugian materil yang dihimpun dalam kaji cepat meliputi 32 unit rumah rusak berat, 1 tempat ibadah, 1 sekolah dan 1 puskesmas pembantu. Sementara itu warga yang mengungsi diperkirakan mencapai 200 orang.

(Yusti W)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *