Ad Widget

17 Negara Mulai Buka Pekerja Migran Indonesia Yang Sebelumnya Sempat Tutup Karena COVID-19

Ad Widget

Warsito Eko Putro

Brebes, POJOKREDAKSI.COM – Sempat ditutup karena pandemi COVID-19, keberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di 17 negara kini mulai dibuka. Di Kabupaten Brebes, sudah banyak PMI yang antri berangkat ke negara-negara Asia-Pasifik. Bahkan setelah dibuka, sudah ada PMI asal Brebes yang berangkat ke Hongkong sebagai Asisten Rumah Tangga (ART).

Kepala Dinas Tenaga dan Perindustrian Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro mengatakan, sejak pandemi, ada penurunan keberangkatan PMI ke negara-negara tujuan. Penurunan ini disebabkan oleh ditutupnya negara-negara tujuan karena pandemi COVID-19. Namun masih ada dua negara tujuan yang hingga kini masih menutup masuknya PMI.

“Sudah ada 17 negara di Asia-Pasifik yang sudah menerima PMI. Tapi masih ada dua negara tujuan yang sampai saat ini belum dibuka, yaitu Arab Saudi dan Malaysia. Di negara Timur Tegah itu masih ditutup,” kata Eko Warsito, Rabu (3/3/2021).

Menurut dia, minat warga di Kabupaten Brebes yang berkeinginan menjadi PMI juga turun seiring adanya pandemi COVID-19. Selain karena negara tujuan ditutup, juga karena para calon PMI mengurungkan niatnya bekerja di luar negeri.

Negara tujuan PMI asal Brebes yang sudah menerima mereka di antaranya Singapura, Hongkong, Korea, Jepang, dan Polandia. “Ada beberapa negara yang sudah kembali membuka untuk PMI kita. Kami juga sudah menyampaikan ke calon PMI agar terus mengikuti perkembangan terkait kesempatan bekerja di negara tujuan,” pungkasnya.

(Yans Simbolon)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *