Pemuda Katolik DKI Jakarta Siap Gelar KKM Secara Daring

Jakarta,POJOKREDAKSI.COM – Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini tidak menyurutkan Pemuda Katolik DKI Jakarta dalam upaya menyelenggarakan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) Tahun 2021 yang rencananya dilaksanakan secara daring dalam tiga kali serial mulai Selasa, 16 Maret 2021, Kamis, 18 Maret 2021 dan Sabtu, 20 Maret 2021.

KKM Pemuda Katolik DKI Jakarta yang bertemakan “Pemuda Katolik Unggul, 100 % Katolik 100% Indonesia” ini merupakan bagian jenjang pembinaan atau kaderisasi Pemuda Katolik pada tingkat menengah yang diselenggarakan oleh Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) atau setingkat Provinsi dimana pesertanya merupakan hasil lulusan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) pada tingkat Komisariat Cabang atau setingkat kabupaten/kota. KKM juga digelar secara terbuka bagi Kader Pemuda Katolik Seluruh Indonesia yang memenuhi syarat dan ketentuan untuk mengikuti KKM.

Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta Bondan Wicaksono menerangkan bahwa KKM ini merupakan KKM Perdana yang digelar secara daring dengan pertimbangan masih belum selesainya pandemi Covid-19 dan juga sebagai kewajiban Pengurus Komda untuk melaksanakan KKM.

“Pemuda Katolik DKI Jakarta berkomitmen untuk tetap melaksanakan KKM sebagai sebagai bagian dalam membuahi, mematangkan dan menyiapkan kepemimpinan dalam tubuh organisasi Pemuda Katolik. Di sisi yang lain kami turut mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia yang sehat dan cerdas, adaptif, inovatif, terampil dan berkarakter sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2020 – 2024” ujar Bondan

Terkait dengan tema KKM “Pemuda Katolik Unggul, 100 % Katolik 100% Indonesia, Bondan menjelaskan bahwa tema tersebut mengandung maksud agar kader Pemuda Katolik mampu bergerak melibatkan diri dalam kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan masyarakat Indonesia terutama bagi saudara kita yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel. Untuk itu menegaskan kembali bahwa selain sebagai umat Katolik kita berpredikat juga sebagai warga negara Indonesia yang semestinya saling bergotong royong mewujudkan Bonnum Commune atau Kesejahteraan Umum.

Secara terpisah, Wakil Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Melkianus Da Costa Pirez memberikan keterangan bahwa rencananya KKM Pemuda Katolik ini diikuti kader Pemuda Katolik Lintas Komda dan akan dibuka oleh Ketua Umum PP Pemuda Katolik Karolin Margret Natasa serta turut mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan untuk dapat memberikan sambutan.

Baca Juga :  Keluarga Besar Hegemur Nilai Penonaktifan Sekda Bukan Masalah Adat

Adapun Materi pokok yang akan diberikan dalam KKM ini diantaranya yaitu pertama, Spiritualitas Pemuda Katolik dan Ajaran Sosial Gereja sebagai Nafas Gerakan dengan narasumber Romo Y. Edi Mulyono, SJ (Vikep KAJ), Romo Adrianus Suyadi, SJ (Pastor Moderator Pemuda Katolik DKI Jakarta) dan Mike Verawati Tangka (Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia/KPI).

Kedua, Advokasi dan Strategi Gerakan Sosial Pemuda Katolik dan Arah Kebijakan Pemerintah dengan narasumber Stefanus Asat Gusma (Dewan Pakar PP Pemuda Katolik), Wahyu Susilo (Direktur Migrant Care) dan Muhammad Chozin Amirullah (Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta).

Ketiga, Change Management dan Perencanaan Strategi/ Action Plan” dengan narasumber Azas Tigor Nainggolan (Forum Warga Kota Jakarta/FAKTA) dan Innosentius Samsul (Badan Keahlian DPR RI).

Albert Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *