Ad Widget

Vox Point Minta Pemerintah Prioritaskan Modernisasi Alutsista TNI

Ad Widget

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia mendukung langkah pemerintah untuk segera prioritaskan moderenisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Vox Point mengharapkan agar alutsista yang ada perlu divaluasi untuk mendukung kerja TNI. Terutama menjaga keselamatan prajurit dalam melaksanakan tugas.

Pernyataan ini disampaikan merespon musibah tenggelamnya Kapal KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali, Rabu dini hari, 21 April 2021. Kapal selam itu membawa 53 awak. Di antaranya 49 ABK, satu komandan kapal, dan tiga orang artileri senjata angkatan laut atau arsenal.

“Vox Point Indonesia sangat mendukung langkah pemerintah untuk segera membenahi alutsista kita, sebab sudah banyak prajurit, putra bangsa yang gugur karena alutsista yang mungkin sudah tak layak dipakai atau masa pakainya sudah lewat,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati, di Jakarta, Minggu (25/4/2021).

Handojo menyebut, penguatan modernisasi alutsista TNI merupakan kebutuhan yang mendesak mengingat kondisi alutsista yang masih terbatas. Untuk itu, ia meminta pemerintah segera mengevaluasi, apa saja yang kurang sehingga ke depannya tidak terjadi peristiwa yang sama.

“Pemerintah harus segera mengusulkan anggarannya dan DPR perlu menyetujui agar ada penyegaran anggaran untuk memperbaharui alutsista kita. Hal ini sangat penting, jangan sampai mengorbankan prajurit kita,” ujar Handojo.

Sebagaimana diketahui, KRI Nanggala-402 diproduksi di Howaldtswerke Deutsche Werft (HDW) Jerman pada 1977. Kapal selam itu bergabung dengan jajaran TNI AL pada 1981. Karena itu, kata Handojo, kapal tersebut mestinya perlu diganti mengingat sudah lama dan tak layak untuk dipakai lagi.

Pada kesempatan yang sama Handojo menyampaikan turut prihatin atas terjadinya musibah tersebut. Pengurus dan anggota Vox Point Indonesia mendoakan seluruh prajurit yang meninggal agar mendapat tempat yang layak bersama Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya para prajurit, awak KRI Nanggala 402 yang gugur dalam tugas. Mereka gugur dalam menjalankan tugas negara. Untuk itu, kami mengajak kita semua agar mendoakan secara khusus bagi para korban, dan kita mengheningkan cipta. Penghormatan untuk mereka,” kata Handojo.

Handojo mengatakan Vox Point Indonesia juga mengajak seluruh komponen bangsa mendoakan seluruh keluarga korban agar diberi ketabahan dan kekuatan dalam mengahdapi peristiwa ini.

“Kami juga mendoakan semua keluarga korban agar tetap kuat dan tabah dalam menghadapi musibah ini. Semoga pemerintah segera membantu dengan memberikan santunan sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Handojo.

Albert Syukur

Laporan: Ervan Tou

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *