Plt Kepala Dinas Kesehatan Fakfak Saleh Hindom Berharap Kedepan Perlu Adanya Kesiap Siagaan Kita Mengatasi Adanya Banjir Dan Longsor

Fakfak Papua Barat, POJOKREDAKSI.COM – Bertempat di ruang kerja Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat Saleh Hindom, SKM, MPH saat di temui Media Pojok Redaksi Jumat sore (4/3/2022) wit mengatakan.

Pada prinsipnya musibah banjir yang terjadi kemarin di ruas jalan Fakfak Bomberay,

Tepatnya dekat wilayah kampung kinam itu memperlambat atau menghabat perjalanan atau arus lalulintas antara Fakfak dan Bomberay.

Termasuk rujukan pasien dimana pada saat itu ada dua pasien yang sempat rujuk dari Puskesmas Bomberay ke Rumah Sakit Umum Daerah Fakfak (RSUD).

Namun karna terkendala banjir dengan ketinggian kurang lebih satu meter sehingga mobilisasi pasien rujukan mengalami hambatan.

Namun dengan adanya upaya keras keras dari petugas Kesehatan,TNI, Polri yang berada di wilayah distrik Bomberay bersama-sama dengan masyarakat kampung yang berada di sekitaran wilayah distrik Bomberay dan Kampung Kinam.

Mereka bersama-sama dengan dua orang pasien yaitu satu orang pasien ibu hamil dengan persiapan persalinan dan satu pasien lagi yaitu pasien luka bakar berusaha melewati dan Alhamdulillah pasien ibu hamil yang mana sempat d bawah dengan cara di tandu oleh saudara-saudara kita anggota TNI dan Polri.

Dari Bomberay melewati genangan air setelah tiba langsung mengikuti mobil penumpang umum dan langsung di bawah ke RSUD Fakfak sementara untuk pasien luka bakar yang mana di usahakan tetap melewati jalan dengan mengikuti beberapa truck dari depan.

Baca Juga :  Pernyataan Sikap Vox Point Indonesia Terkait Siswi Nonmuslim Wajib Berjilbab di SMKN 2 Kota Padang

Setelah itu para penumpang yang dari Fakfak menuju ke arah Bomberay juga akan terhalang baik roda 2 maupun roda 4.

Dikarenakan ketinggian air masih di atas 1 meter lebih sehingga tidak bisa melewati jalan raya itu sebagaimana mestinya.

Kemudian di daerah Mambunibuni terjadi tanah longsor begitupun jalan yang kami lewati agak begitu sulit untuk kami lewati termasuk mobil ambulans yang membawa pasien luka bakar.

Saleh Hindom SKM,MPH.selaku Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak berharap kedepan perlu adanya kesiap siagaan kita mengatasi bilamana adanya longsoran kita harus lebih siap dalam segala hal, yang pertama.

Yang kedua bilamana musim penghujanan atau musim hujan kita pun perlu harus berhati hati dan mungkin timnya sudah harus siap di tempat sebelum terjadi sesuatu seperti kemarin sehingga proses mobilisasi baik itu masyarakat umum, orang sakit maupun anak sekolah itu bisa di lewati dengan baik tutur Saleh Hindom,SKM,MPH Plt.Kepala Dinas Kesehatan Fakfak.

(Amatus Rahakbauw)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *