Mahasiswa KKN UM Surabaya Bersama PCM Krembangan Gelar Pelatihan Perawatan Jenazah

Surabaya,POJOKREDAKSI.COM – Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan menggelar pelatihan perawatan jenazah di Aula SMP Muhammadiyah 11 Surabaya yang lebih dikenal SMP Muven, Minggu, (21/8/2022).

Pelatihan perawatan jenazah tersebut dipandu oleh Wakil PCM Krembangan bidang Majelis Tabligh, Akhwan Hamid, M.Pd dihadiri oleh Ketua PCM Krembangan Sutikno, S.sos, Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Irwan Syahrir, S.Si., M.Si, seluruh Mahasiswa KKN UM Surabaya PCR Krembangan dan PCR Morokrembangan serta beberapa warga.

Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Irwan Syahrir, S.Si., M.Si menjelaskan, inisiasi kegiatan perawatan jenazah tersebut merupakan rangkaian kegiatan terakhir kerjasama dengan pihak PCM Krembangan Surabaya supaya mahasiswa yang melaksanakan KKN benar-benar bisa mengetahui bagaimana cara merawat jenazah.

“Program semacam ini jarang sekali diadakan, oleh sebab itu diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan perawatan jenazah dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa yang barangkali belum pernah mereka dapatkan sebelumnya”, terang Irwan Syahrir.

Lanjut Irwan Syahrir, dengan berbagai program kegiatan KKN di wilayah PCM Krembangan yang mahasiswa dapatkan, ketika kelak kembali ke masyarakat, mereka dapat menggunakan atau mempraktekkan pengetahuan untuk mengabdi dimasyarakat, salah satunya perawatan jenazah.

Hal senada disampaikan salah satu mahasiswa KKN UM Surabaya PCR Krembangan, Endiyah Mathofany yang menyatakan dari tim KKN PCR Krembangan yang hari ini hadir ada sekitar 40-an ditambah teman-teman KKN PCR Morokrembangan.

“Kami berharap Ilmu yang diberikan oleh pihak PCM Krembangan dengan diberikan pengetahuan perawatan jenazah, setidaknya jika ada salah satu dari keluarga kita atau orang tua kita yang meninggal dunia, maka kita sebagai anak wajib untuk bisa memandikan jenazah orang tua dan keluarga”, tutup Endiyah.

Baca Juga :  Tiga Opsi Bagi Warga yang Menempati Tanah Negara di Surabaya

Sementara itu, ketua PCM Krembangan, Sutikno S.Sos menambahkan pelatihan perawatan jenazah tersebut merupakan oleh-oleh atau sedikit sumbangsih PCM Krembangan untuk mahasiswa KKN UM Surabaya PCR Krembangan dan Morokrembangan.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan perawatan jenazah tersebut dapat bisa membantu teman-teman mahasiswa supaya bisa menerapkannya di masyarakat, terutama ketika ada orang yg meninggal, mulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan hingga menguburkan”, harap Sutikno.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *