Pembagian BST Tahap Kedua di Jakarta Pusat Hampir Selesai

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Penyaluran bantuan sosial berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap kedua di wilayah Jakarta Pusat hampir selesai.

“Untuk tahap pertama di bulan Januari sudah selesai. Sementara tahap kedua sudah 70%. Kita akan selesaikan penyalurannya dalam waktu dekat sebelum akhir bulan Februari ini,” kata Kepala Cabang Kantor Pos Cikini, Jakarta Pusat, Yus Sukirno, yang ditemui di Kantornya, Rabu (17/2/2021).

Ia mengatakan, sesuai data yang diterima pihaknya, BST akan disalurkan dalam empat tahap yakni pada bulan Januari, Februari, Maret dan April 2021.

“Setelah bulan Februari, kita akan lanjut untuk tahap berikut di bulan Maret dan April 2021. Data-data penerima juga sudah ada,” jelasnya.

Ia menyebut dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak banyak kendala karena semua data penerima sudah disiapkan Dinas Sosial DKI Jakarta dan Kemensos.

“Hampr tidak banyak kendala. Hanya saja ada warga penerima yang sedang bekerja atau di luar rumah, sehingga kami koordinasi lagi ke pihak Dinsos,” ungkapnya.

Ia mengatakan, proses penyaluran BST dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga. Hal ini dilakukan untuk membantu memutuskan rantai penyebaran virus corona.

“Kita door to door. Datangi rumah warga. Warga tidak datang ambil di Kantor, supaya mengurangi kerumunan di Kantor Pos,” kata Yus.

BST ini telah disalurkan kepada penerima manfaat yang ditargetkan untuk 9 juta KPM di 34 Provinsi di Indonesia. Sasarannya adalah masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga :  Polsek Tambelang Laksanakan Giat Vaksinasi Merdeka Aglomerasi

Bansos ini diberikan secara bertahap mulai Januari hingga April. Presiden Joko Widodo bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini secara simbolis menyalurkan dana Program Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 bersamaan dengan dua bansos lainnya pada Senin (4/1/2021).

R. Tou/ Albert Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *